Berawal dari hilangnya sebuah buku penting yang seharusnya saya bawa, dimana semestinya buku tersebut nyampai ke tangan saya, eh ternyata misscomunication sama yang dititipi, akhirnya tidak ketemu. Padahal buku tersebut sangat berarti khususnya bagi saya dan sekolah, dan tidak akan berguna bagi orang lain. Ceritanya sama yang ditipi di teruh di loker, tetapi karena pernah ada pemindahan isi locker, maka seluruh buku yang seharusnya ada di locker hilang tak berbekas. Dua hari ubek – ubek gudang tidak ketemu juga. Kabarnya isi loker yang tidak penting sudah di bakar “Mateng aku !!!” Disaat kepala pusing saya menjumpai Guru Kesenian yang sedang bermain Keyborad Piano. Akhirnya ketimbang pusing sendiri numpang nyanyi lah…….

Saya lirik sepintas ternyata nggak begitu sulit untuk main piano. Lebih – lebih dengan menguasai sedikit kunci sudah bisa buat nyanyi eemmm.. mirip guitar lah. Jadinya kesengsem juga pingin mempraktekkanya. Tetapi karena Guru Keseniannya kelihatan sibuk banget akhirnya saya Googling mencari – cari daftar chord piano plus tutorial kalau ada. Ubek – ubek hampir tiga hari bisa mendapatkan sedikit pengetahuan cara main piano. Kayaknya sulit banget cari tutorial piano, kebanyakan tutorial guitar.

Beruntungnya di tempat bibiku ada Keyboard tua yang jarang dipakai, setidaknya tiga tuts-nya sudah nggak bunyi, tapi tak apalah wong untuk coba – coba saja, lagian ketiganya di tempat oktaf yang berbeda. Nanti kalau agak mahir dan ada rejeki bukankah bisa beli yang baru.

Lagu pertama yang tak coba adalah O Inani Keke Lagu daerah Sulawesi Utara, Nggak tau maksud lagu ini apa, pokoknya seneng saja untuk dinyanyikan. Pertama kali saya mainkan Chordnya dibagian Left Hand, Setelah agak lancar saya mainkan dengan Right Hand notasi melodinya. Berikutnya saya gabungkan antara chord di Lefthand dengan melodi di RightHand. Wah pertama kali bingung juga mengatur mana yang Left Hand dan mana yang right hand, otaknya jadi kacau. Tapi setelah tak kenal lelah mencoba syukurlah penggabunganpun bisa berhasil, walaupun kadang masih ada salahnya juga.

Terakhir, tidak ketinggalan irama pengiring Pop, cha cha, funk, disco dan berbagai irama yang di sediakan keyboard piano saya coba satu persatu. Hehehe ternyata asyik juga ya main piano.

Kalau saya tak salah membaca oktaf pertama dan kedua adalah untuk accord (Left Hand) sedang oktaf selanjutnya (Right Hand) untuk melodi, nggak tau benar tidaknya, soalnya saya pernah dengar ada juga jenis musik yang kesemua oktafnya adalah untuk melodi.

Seterusnya iseng – iseng cari kombinasi dari lagu-nya Snada yang Judul-nya Pasrah diri. Mencari beberapa saat sudah ketemu. Saya coba mainkan, kemudian saya kombinasikan dengan pengiring pop, kayaknya pass banget. Sayang keyboard pianonya tak ada colokan chanel buat midi, kalau ada pasti sudah saya rekam, biar semua pada tahu gimana berbelepotan suara yang dihasilkan hahahaha….

Paling tidak kalau keyboard nggak susah – susah banget kayak gitar yang kalau buat main musik aduh.. capek banget di tangan.

Artis : Snada
Judul : Pasrahkan Diri
Cord by : Agus Waluyo

C   Em          Am
3 3 2   5 5  1  2 1 1 1
Semakin lama ku merasakan
Dm    C          G
4 4   3 5   5 3  2
Damai indah kasihMu
C    Em          Am
5 5  6 6   7 7   7 ‘1 5
Bagi semua insan di dunia
        F		     G
5 4 3 2 4  5  4 3 2  4
Semua sama di hadapanNya

C      Em	 Am
3  3   2   5 5 1 2  1 1 1
Sembah sujud padaMu Ilahi
F    C		 G
4 4   3 5  5   3 2
Kami pasrahkan diri
C     Em	   Am
5 5   6 6   7 7   7’1 5
Lepas dari nafsu dunia
	 F		     G
5    4 3 2 4    5  4   3 2   4
Yang melenakan dan menghanyutkan

C     Em	 Am
‘3‘3’3’2’1 7  ‘2’1
Diri ini penuh dosa
       Dm	   C	    G
‘1‘2’3 ‘4 ‘4’4’4  ‘3’2 ‘1’3’2
Kuharapkan ampunan bagi diriku
C       Em	      Am
‘5‘5’5 ‘4’3  ‘2’3 ‘5’4 ‘3 ‘4 6
Sucikan hati dari debu dan noda
C        G	          C
5‘3’3 ‘3 5’2 ‘2  ‘1 7’1
Padamu kuserahkan jiwaku
F          G
‘6   ‘5’4 ‘5
OO..  OO ooo

Slamat mencoba…..